Yang Menentukan Harga Gamis Murah Dan Mahal

26 September 2018 - Kategori Blog

Pernahkah berfikir, bagaimana selembar gamis harganya bisa berbeda dengan gamis lain padahal model dan bahannya sama ? Mengapa harga gamis yang di produsen A lebih mahal dari produsen B padahal kain yang digunakan sama persis ? Kami coba jelaskan beberapa komponen yang menentukan harga gamis yang dijual di pasaran.

1. Bahan Kain Gamis. Kain adalah komponen terbesar dari selembar gamis. Kain katun lokal harganya berbeda jauh dengan katun toyobo, sehingga ketika dijahit menjadi gamis, sudah pasti harganya pun akan beda jauh. Begitu pund engan wolvis, maxmara, crepe, semuanya berbeda harga, sehingga harga gamis jadinya pun berbeda-beda.

2. Model Gamis. Gamis dengan potongan lurus, akan berbeda harga dengan model gamis klok atau umbrella. Model gamis umbrella membutuhkan jauh lebih banyak kain (ada yang membuat lingkar bawahnya sampai 4m), sehingga harga gamisnya pun menjadi lebih mahal dibanding yang lingkar bawahnya standar (2-2.5m).

3. Kualitas Jahitan. Pernah beli gamis hasil konveksian ? Jahitannya standar, kadang benang yang dipakai berbeda warna dengan warna kainnya. Bandingkan dengan gamis hasil jahitan non konveksi (Makloon) yang lebih rapi bahkan bisa dikatakan berkualitas butik. Penjahit yang lebih bagus akan dihargai lebih mahal dibandingkan penjahit konveksian, yang pada akhirnya memepengaruhi harga akhir gamisnya.

4. Desain Gamis. Pernah dengar merk Tuneeca ? Salah satu merk gamis dengan harga cukup mahal. Yang membuat mahal adalah desainnya yang unik, rumit dan tidak pasaran. Kerumitan desain dan pembuatan gamis menjadi alasan harga yang mahal. Semakin rumit dan sulit pembuatannya, akan semakin mahal tentunya.

5. Lokasi Penjualan Gamis. Gamis dengan kualitas sama, jika dijual di mal terkenal akan lebih mahal harganya dibandingkan jika dijual online. Mengapa ? Karena harga sewa toko di mal akan berpengaruh terhadap harga produk (gamis) yang dijual.

6. Foto Produk. Produsen gamis khususnya yang online, akan berusaha membuat foto produk yang bagus, menarik dan sesuai dengan gamis aslinya, dan proses pembuatan foto ini tidaklah murah. Jika memakai model, tentu ada harga yang harus dibayar, belum lagi fotografernya dan editor fotonya. Semua ini akan diperhitungkan ke dalam harga gamis dijual. Jadi kalau kamu menemukan foto produk yang bagus sekali tapi harganya murah, bahkan tidak sampai 100rb, hampir dipastikan itu adalah penipuan.

 

, , , , , , , , ,

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter