Waktu-Waktu Paling Mustajab Untuk Berdoa

05 October 2018 - Kategori Blog

Berdoa, adalah suatu kewajiban bagi muslim dan muslimah. Berdoa adalah bentuk ketergantungan kita kepada Allah dan Allah sangat menyukai orang-orang yang banyak memanjatkan doa. Allah senang jika kita meminta dari-Nya.

Apakah setiap doa akan dikabulkan ? Wallahu’alam. Tapi kita sebagai manusia wajib memaksimalkan doa kita, salah satunya dengan memanfaatkan waktu-waktu mustajab untuk berdoa, di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Di antara adzan dan Iqomat. Setiap hari mendengar adzan kan ? Nah jangan lupa selipkan doa-doa terbaik sebelum iqomat.Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

    إِنَّ الدُّعَاءَ لاَ يُرَدُّ بَيْنَ الأَذَانِ وَالإِقَامَةِ فَادْعُوا

    Sesungguhnya do’a yang tidak tertolak adalah do’a antara adzan dan iqomah, maka berdo’alah (kala itu).” (HR. Ahmad, 3: 155. Syaikh Syu’aib Al-Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih).

  2. Doa di waktu sahur. Setiap sahur sebelum puasa Ramadhan ataupun puasa sunnah, selipkan doa saat sahur karena waktu tersebut adalah waktu yang mustajab dikabulkannya doa.
  3. Doa ba’da ashar sampai tenggelamnya matahari di hari Jum’at.Dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,

    يَوْمُ الْجُمُعَةِ ثِنْتَا عَشْرَةَ يُرِيدُ سَاعَةً لاَ يُوجَدُ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ شَيْئًا إِلاَّ آتَاهُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ فَالْتَمِسُوهَا آخِرَ سَاعَةٍ بَعْدَ الْعَصْرِ

    “(Waktu siang) di hari Jum’at ada 12 (jam). Jika seorang muslim memohon pada Allah ‘azza wa jalla sesuatu (di suatu waktu di hari Jum’at) pasti Allah ‘azza wa jalla akan mengabulkannya. Carilah waktu tersebut yaitu di waktu-waktu akhir setelah ‘Ashar.” (HR. Abu Daud, no. 1048; An-Nasa’i, no. 1390. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih).

  4. Ketika Berbuka Puasa. Selain saat sahur dianjurkan berdoa, ternyata ketika berbuka pun demikian, sebagaimana sabda  Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam:ثلاث لا ترد دعوتهم الصائم حتى يفطر والإمام العادل و المظلوم

    ‘”Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil dan doanya orang yang terzhalimi” (HR. Tirmidzi no.2528, Ibnu Majah no.1752, Ibnu Hibban no.2405, dishahihkan Al Albani di Shahih At Tirmidzi).

  5. Ketika bersujud dalam shalat.Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

    أقرب ما يكون العبد من ربه وهو ساجد . فأكثروا الدعا

    Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu” (HR. Muslim, no.482).

  6. Ketika Turun Hujan. Sayang sekali jika hujan turun dan kita hanya tidur, padahal ini salah satu waktu dimana doa tidak tertolak.ثنتان ما تردان : الدعاء عند النداء ، و تحت المطر

    Doa tidak tertolak pada 2 waktu, yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun” (HR Al Hakim, 2534, dishahihkan Al Albani di Shahih Al Jami’, 3078).

  7. Ketika Hari Arafah. Pada hari dimana jama’ah haji melakukan wukuf di Arafah, yaitu tanggal 9 Dzulhijjah, saat itulah waktu terbaik untuk berdoa.خير الدعاء دعاء يوم عرفة

    Doa yang terbaik adalah doa ketika hari Arafah” (HR. At Tirmidzi, 3585. Di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi).

 

, , ,

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter