Syarat Gamis Syari Untuk Wanita Muslimah

06 September 2018 - Kategori Blog

Wanita Muslimah yang sudah baligh, wajib untuk menutup auratnya. Dari sekian banyak pilihan busana muslim, gamis adalah salah satu pakaian muslimah yang memenuhi syarat syar’i bagi wanita muslimah.

Apa saja syarat syar’i untuk pakaian wanita muslimah ?

Pertama, harus menutup seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan (termasuk, juga telapak kaki), sperti dijelaskand alam Surat Al-Ahzab ayat 59.

Kedua, tidak bersifat Tabarruj, yang berarti tidak menampakkan perhiasan dan kecantikannya, dan tidak menarik perhatian dengan warna-warna yang mencolok.

Ketiga, gamis syari yang digunakan tidak boleh tipis apalagi tembus pandang, harus tebal.

Keempat, gamis syari yang digunakan tidak boleh ketat dan membentuk lekuk tubuh. Harus longgar dan menutupi lekuk tubuh. Termasuk di dalamnya pakaian yang membentuk tubuh adalah jilbab yang dililit ke leher, celana panjang (kulot maupun yang ketat).

Kelima, pakaian yang digunakan tidak mengandung gambar makhluk bernyawa (hewan atau manusia), panjang melebihi mata kaki, dan terbebas dari salib.

Gamis Syari sebaiknya sederhana, tidak terlihat mewah ataupun juga terlihat kumuh (agar terlihat zuhud), terpenting bersih dan rapi. Sungguh Allah sangat menyukai wanita muslimah yang menutup aurat dan berakhlak mulia.

 

 

, , , , ,

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter