Siapakah Wanita-Wanita Yang Menjadi Penghuni Neraka ?

12 October 2018 - Kategori Blog

Sudah banyak sekali pembahasan tentang wanita muslimah yang sholehah yang berpahala surga, tapi Rasulullah sendiri bersabda bahwa penduduk neraka sebagian besar adalah WANITA. Semoga kita tidak termasuk di antaranya, Naudzubillah Min Dzalik 🙁

Maka penting sekali bagi kita untuk tahu, apa saja penyebab seorang wanita menjadi penghuni neraka ? Sebab-sebab apa yang membuat seorang wanita tidak diampuni dosanya dan dimasukkan ke neraka ? Mari kita bahas dengan dalil yang sahih.

Wanita muslimah, sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an, WAJIB hukumnya menutup aurat dengan sempurna sesuai syariat Islam. Seperti apakah pakaian yang syari untuk muslimah sesuai tuntunan Islam, bisa dicek di LINK ini.

Lalu bagaimana dengan wanita muslimah yang tidak mengikuti aturan Allah tentang menutup aurat ini ? Berikut hadistnya :

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صِنْفَانِ مِنْ أَهْلِ النَّارِ لَمْ أَرَهُمَا قَوْمٌ مَعَهُمْ سِيَاطٌ كَأَذْنَابِ الْبَقَرِ يَضْرِبُونَ بِهَا النَّاسَ وَنِسَاءٌ كَاسِيَاتٌ عَارِيَاتٌ مُمِيلاَتٌ مَائِلاَتٌ رُءُوسُهُنَّ كَأَسْنِمَةِ الْبُخْتِ الْمَائِلَةِ لاَ يَدْخُلْنَ الْجَنَّةَ وَلاَ يَجِدْنَ رِيحَهَا وَإِنَّ رِيحَهَا لَيُوجَدُ مِنْ مَسِيرَةِ كَذَا وَكَذَا

Ada dua golongan dari penduduk neraka yang belum pernah aku lihat: [1] Suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi untuk memukul manusia dan [2] para wanita yang berpakaian tapi telanjang, berlenggak-lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Wanita seperti itu tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya, walaupun baunya tercium selama perjalanan sekian dan sekian.” (HR. Muslim no. 2128)

Jauh sebelum zaman ini, Rasulullah sudah mengetahui bahwa nanti, akan ada segolongan wanita yang berpakaian menutup aurat, tetapi masih seperti telanjang, lekuk tubuhnya masih terlihat dan mengundang syahwat. Yang tertutup tapi ketat juga mendapatkan siksa neraka, apalagi  yang sama sekali tidak menutup aurat. Dan wanita-wanita yang menggelung rambutnya tinggi-tinggi dibalik jilbabnya, juga kana jmencium bau surga.

Wanita yang bersikap kufur terhadap suaminya, yang suka mengingkari kebaikan suaminya, juga akan mendapat siksa dari Allah dan masuk neraka, seperti dijelaskan di hadist berikut :

أني رأيت الجنة، فتناولت عنقوداً، ولو أصبته لأكلتم منه ما بقيت الدنيا، ورأيت النار، فلم أر منظراً كاليوم قط أفظع، ورأيت أكثر أهلها النساء “، قالوا: بم، يا رسول الله؟ قال: “بكفرهن” قيل: يكفرن بالله؟ قال: ” يكفرن العشير، ويكفرن الإحسان، لو أحسنت إلى إحداهن الدهر كله، ثم رأت منك شيئاً، قالت: ما رأيت خيراً قط”

Sungguh aku tadi melihat surga. Aku berupaya meraih setandan buah-buahan di dalamnya. Andai kalian mendapatkannya lalu memakannya, niscaya kalian tidak butuh lagi makanan di dunia. Kemudian aku melihat neraka. Belum pernah aku melihat pemandangan yang mengerikan seperti itu. Dan aku melihat kebanyakan penghuninya adalah wanita. Para sahabat bertanya, ‘Mengapa demikian wahai Rasulullah?’ Beliau menjawab, ‘Sebab mereka telah kufur.’ Para sahabat bertanya lagi, ‘Apakah mereka kufur kepada Allah?’ Rasulullah menjawab, ’Mereka kufur (nikmat) terhadap suami mereka, mereka kufur terhadap kebaikan suami mereka. Apabila kalian (para suami) berbuat baik pada istri-istrinya sepanjang waktu, lalu istri kalian melihat sesuatu yang kurang baik darimu, dia akan berkata, ‘Aku tidak pernah melihat kebaikanmu sedikit pun’” (HR. Bukhari no. 1052, Muslim no. 907).

Naudzubillah min dzalik !

Maka para muslimah, bertaubatlah. Bertaqwalah kepada Allah, taati semua aturan Allah dan jauhi laranganNya. Janganlah menjadi golongan yang kafir, sesungguhnya orang-orang kafir sudah jelas tempatnya di neraka.

Allah Ta’ala berfirman,

فَٱلَّذِينَ كَفَرُواْ قُطِّعَتۡ لَهُمۡ ثِيَابٞ مِّن نَّارٖ يُصَبُّ مِن فَوۡقِ رُءُوسِهِمُ ٱلۡحَمِيمُ ٩ يُصۡهَرُ بِهِۦ مَا فِي بُطُونِهِمۡ وَٱلۡجُلُودُ ٢٠ وَلَهُم مَّقَٰمِعُ مِنۡ حَدِيدٖ ١ كُلَّمَآ أَرَادُوٓاْ أَن يَخۡرُجُواْ مِنۡهَا مِنۡ غَمٍّ أُعِيدُواْ فِيهَا وَذُوقُواْ عَذَابَ ٱلۡحَرِيقِ

Maka orang kafir akan dibuatkan untuk mereka pakaian-pakaian dari api neraka. Disiramkan air yang sedang mendidih ke atas kepala mereka. Dengan air itu dihancur luluhkan segala apa yang ada dalam perut mereka dan juga kulit (mereka). Dan untuk mereka cambuk-cambuk dari besi.” (QS. Al-Hajj: 19-21).

Tahukah siapa yang termasuk orang yang paling ringan siksanya di neraka ?

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

إنَّ أهْوَنَ أهلِ النارِ عَذَابًا أبو طالبٍ في رِجلَيْهِ نعلانِ من نارٍ يغْلِي منهما دِمَاغُهُ

Penduduk neraka yang paling ringan siksaannya di neraka adalah Abu Thalib. Ia memakai dua sandal neraka yang membuat otaknya mendidih karena panasnya” (HR. Ahmad 4/241, dishahihkan oleh Ahmad Syakir dalam ta’liq-nya terhadap Musnad Ahmad).

 

, , ,

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter