Memakai Henna Tangan Untuk Muslimah

17 September 2018 - Kategori Blog

Henna adalah nama tumbuhan tertua yang digunakan dalam kosmetik. Henna sangat aman digunakan karena tidak mengandung bahan kimia dan bahan berbahaya lainnya, dan sangat jarang menimbulkan masalah di kulit pemakainya. Seni menghias dengan henna sudah dilakukan sejak 5000 tahun yang lalu.

Karena henna merupakan perkara muamalah, maka hukum asalnya adalah mubah atau boleh. Bahkan ada anjuran dari Rasulullah untuk muslimah memakai henna :

Dari Aisyah radhiallahu’anha, beliau berkata:

أومأت امرأة من وراء ستر بيدها كتاب إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم فقبض رسول الله صلى الله عليه وسلم يده فقال: ما أدري أيد رجل أم يد امرأة؟ قالت : بل امرأة . قال صلى الله عليه وسلم : لو كنت امرأة لغيرت أظفارك يعني بالحناء

“Seorang wanita menjulurkan tangannya dari balik tabir. Di tangannya ada sebuah tulisan untuk Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Lalu ternyata Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menahan tangan beliau dan berkata, ”Saya tidak tahu, apakah ini tangan laki-laki ataukah tangan wanita?”. Sang wanita menjawab, ”Ini tangan wanita”. Maka Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “Jika kamu seorang wanita, seharusnya engkau warnai jari-jarimu dengan henna” (HR. Abu Daud 4166, dihasankan Al Albani dalam Shahih Abi Daud).

Dengan adanya hadits ini, sebagian menafsirkan bahwa memakai henna hukumnya adalah sunnah, untuk memebedakan tangan laki-laki dan tangan perempuan. Apalagi jika dipakai untuk berhias di hadapan suami, maka sangat dianjurkan.

, , , , ,

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter