Jenis Katun Yang Cocok Untuk Gamis Syari Modern

18 September 2018 - Kategori Blog

gamisk

Ada banyak sekali jenis kain katun yang beredar di pasaran dan dibuat menjadi gamis syari. Akan kami bahas beberapa jenis katun yang sering dibuat menjadi gamis yang nyaman.

1. Katun Lokal

Kain ini banyak dipakai beberapa produsen untuk menjadi gamis harian, Motifnya cantik-cantik, menyerap keringat, tidak terlalu tipis dan harganya terjangkau. Kekurangannya, kain ini dapat menjadi pudar setelah beberapa kali pencucian.

2. Katun Jepang

Kain katun yang jadi favorit banyak produsen gamis. Permukaannya halus, yang ori bahkan terlihat agak mengkilat. Motifnya bagus-bagus, tebal dan adem, sangat nyaman untuk dipakai. Seratnya rapat dan biasanya warnanya akan awet walaupun melewati berkali-kali pencucian. Contoh gamis dengan bahan katun jepang bisa dilihat di link ini.

3. Katun Ima

Katun Ima teksturnya lembut, tidak berbulu dengan ciri khas ada garis-garis kecil seperti serat yang warnanya senada dengan warna dasar kain. Kain Katun Ima agak tipis, tapi tidak  menerawang.

4. Katun Toyobo

Kain dengan harga yang cukup mahal ini (karena diimpor langsung dari Jepang) sebanding kualitasnya dengan harganya. Teksturnya halus, lembut serta ringan, juga cukup tebal. Serat kainnya kuat dan rapat, serabut benangnya juga tidak mudah terburai. Hati-hati jika membeli jenis kain ini karena banyak produk KW-nya beredardi pasaran dengan harga lebih murah. Harga kain katun toyobo yang asli sekitar 45.000/m.

5. Katun Rayon

Kain katun rayon merupakan pemcampuran dua jenis serat yaitu katun dan serat rayon. Tekstur kain ini agak licin, ringan, mudah jatuh (lebih lemas), dan adem serta nyaman sekali dipakai. Katun Rayon ini adalah kain favorit yang dipakai untuk daster, karena daya tahan kain ini lebih awet dan perawatannya mudah.

6. Katun Linen

Ciri khas kain katun linen adalah serat benangnya yang tersusun rapi. Kain ini tidak terbuat dari kapas seperti katun lainnya, melainkan dari serat alami tanaman rami. Kain ini juga cukup mahal karena bahan bakunya yang tidak seumum kapas, dan serat benangnya dipercaya lebih kuat dan lebih tebal daripada katun lainnya. Secara umum, kain katun linen ini lembut, adem kuat, dan cenderung berat.

 

 

, , , , ,

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter