JENIS-JENIS KAIN UNTUK GAMIS SYARI

27 March 2018 - Kategori Blog

Gamis, sebagai salah satu pakaian wanita muslimah, berkembang sangat pesat beberapa tahun terakhir ini. Banyaknya produsen gamis yang mengeluarkan produknya dengan berbagai model, ukuran dan bahan, membuat para muslimah kebanjiran pilihan dalam berpakaian. Alhamdulillah pakaian gamis yang syari sekarang ini sudah sangat mudah diterima oleh masyarakat Indonesia.

Selain memenuhi syarat syari, kenyamanan menjadi yang paling utama dalam pemilihan gamis muslimah. Kenyamanan terbentuk dari cutting gamis dan bahan/ material yang digunakan. Produsen gamis saat ini berlomba-lomba memproduksi gamis dengan berbagai model dan dari bahan yang berbeda-beda. Maka sebagai konsumen pemakai gamis, sebaiknya kita mengenal berbagai macam jenis bahan/kain yang umum digunakan dalam pembuatan gamis syari.

1. Katun Jepang
Bahan Katun Jepang adalah juaranya bahan adem dan nyaman. Sifatnya yang menyerap keringat sangat cocok digunakan di iklim tropis yang cenderung panas. Katun Jepang yang Ori kainnya tebal, tidak menerawang, teksturnya jika diraba halus, dan warnanya cerah (agak mengkilap). Katun Jepang yang asli, warnanya tidak akan memudar walaupun sudah melewati beberapa kali pencucian.

Katun Jepang yang lokal, kualitasnya tidak sebaik yang ori. Katun Jepang yang asli, pada pinggir kainnya terdapat tulisan Japan Desain diikuti serangkaian nomor dalam lingkaran. Katun Jepang yang lokal, jika diraba terasa agak kasar, warnanya pun tidak secerah yang ori, dan cenderung memudar setelah beberapa kali pencucian. Dari segi harga tentunya kain katun jepang yang lokal lebih murah daripada yang asli.

Karena sifat kainnya yang adem dan menyerap keringat inilah, gamis katun jepang menjadi salah satu pilihan favorit muslimah. Belum lagi motifnya yang beragam dan cantik, membuat kain ini sangat disukai sebagai bahan gamis. Motifnya tinggal disesuaikan dengan acaranya, apakah untuk acara formal, sehari-hari atau acara kasual.

Contoh Gamis Katun Jepang bisa dilihat di LINK ini.

2. Wolfis / Woolpeach
Kain ini lebih jatuh karakternya, lebih flowy, dibandingkan kain jenis katun. Wolvis terdiri dari beberapa grade (kualitas). Wolvis dengan grade A (premium), teksturnya halus, lembut, dingin dengan warna yang cerah/tajam (tidak kusam). Tidak menerawang karena seratnya rapat dan juga tidak mudah kusut. Tidak panas, nyaman dipakai sebagai gamis ataupun rok. Pilihan motifnya pun beragam dan bagus-bagus. Gamis Wolvis menjadi salah satu pilihan yang banyak digemari muslimah Indonesia.

Contoh Gamis Wolvis bisa dilihat di LINK ini.

3. Maxmara
Tampilan kain ini mengkilap, memberi kesan mewah dan sangat cocok digunakan ke acara formal seperti pesta pernikahan. Gamis Maxmara terlihat cantik dengan kilapnya, hampir seperti satin, tebal (tidak menerawang) tapi ringan dipakai. Tidak mudah kusut juga, sehingga tetap terlihat rapi walaupun dipakai seharian. Sifat kainnya jatuh, flowy, dan perbedaannya dengan satin, serat maxmara lebih rapi dan kilapnya lebih doff (satin kilapnya mencolok).

Satu lagi, kain Maxmara cenderung lebih lembut dan adem dibanding satin yang sering dianggap kain yang panas. Gambar di bawah ini adalah salah satu gamis yang terbuat dari kain Maxmara. Terlihat kan kilapnya yang doff ?

Contoh Gamis Maxmara bisa dilihat di LINK ini.


4. Balotelli
Nah, kain balotelli ini lagi naik daun sekali akhir-akhir ini. Balotelli adalah kain polos dengan tekstur garis pada seratnya. Jika diraba, akan terasa tekstur tersebut, tidak seperti katun jepang atau wolvis yang halus. Kelebihan kain ini adalah tebal (tidak menerawang), adem, serat kain rapat, lemas jatuh, dan tetap ringan walaupun tebal. Kain Balotelli yang bermotif disebut Ballodior.Balotelli banyak dipakai dalam pembuatan gamis karena selain tebal, kain ini juga tidak jiplak ke lekuk tubuh pemakainya, sehingga memenuhi syarat sebagai bahan gamis syari. Gamis Balotelli banyak dijual dengan berbagai warna polos maupun motif.
Contoh Gamis Baloteli bisa dilihat di LINK ini.

5. Crepe
Karakteristik kain ini unik, yaitu mempunyai tekstur pasir jika diraba dan dilihat. Walaupun permukannya terlihat kasar, tapi jika dipegang terasa lembut dan nyaman dipakai. Kainnya lentur, ringan, lemes jatuh. Ada banyak sekali varian dari kain Crepe, tapi hampir semuanya bertekstur pasir.
Gamis Crepe mulai banyak dipakai karena motifnya pun sudah banyak yang bagus-bagus. Cocok digunakan di acara formal maupun kasual.

Contoh gamis Crepe bisa dilihat di LINK ini.

6. Jersey
Kain Jersey banyak sekali digunakan dalam pembuatan gamis. Sifat kain ini jatuh, lemes sekali, flowy, licin. Jersey kualitas premium cukup nyaman dipakai dan tidak menerawang, sementara jersey dengan kualitas yang kurang baik akan terasa panas di tubuh ketika dipakai, karena tidak menyerap keringat. Tidak semua muslimah suka jenis kain ini, karena bisa menjiplak bentuk tubuh, apalagi kain jersey yang tipis. Kain Jersey bersifat stretch (melar), sehingga fleksibel digunakan sampai ukuran tubuh yang besar

, , , , , , , , , ,

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter