Islam dan Wabah Penyakit Corona Di Dunia

05 March 2020 - Kategori Blog

Tahukah kamu, Islam adalah agama yang sangat menjaga kebersihan, baik umatnya maupun lingkungannya ?

Bayangkan, kita sebagai umat Islam, setidaknya membersihkan diri 5 kali sehari sebelum memulai sholat wajib. Apalagi jika ditambah sholat dhuha dan tahajud tentu lebih dari 5 kali. Belum lagi ditambah mandi 2 kali sehari dan gosok gigi. Jangan lupa Islam juga mengajarkan bagaimana menjaga kebersihan diri setelah membuang hajat kecil dan besar. Dulu, manusia membersihkan diri hanya dengan kertas, tisu atau bahkan daun. Islamlah yang pertama kali mengenalkan air sebagai alat untuk membersihkan diri. Jika setiap muslim rajin menjaga diri dan lingkungannya sesuai tuntunan Islam, Insya Allah akan selalu terjaga dari kuman penyakit.

Selain kebersihan diri, Islam pun punya tuntunan yang jelas dalam hal makanan dan minuman. Sudah jelas di Al-Qur’an mana makanan dan minuman yang halal dan haram. Semua yang dilarang dimakan dan diminum dalam Islam, pasti ada hikmah dibaliknya. Umat muslim hanya boleh makan makanan yang tidak hanya baik, tapi juga harus halal (Halalan Thayyiban). Allah benar-benar telah membuat panduan untuk manusia bagaimana menjaga agar tubuh kita sehat, dari segi kebersihan luar dan dalam (dari makanan). Islam sungguh agama yang SEMPURNA.

Maka tidak mengherankan jika sepanjang sejarah dunia, jarang sekali ada wabah penyakit yang menimpa umat muslim. Jika pun ada, itu bentuk ujian dari Allah, dan sudah jelas bagaimana menghadapinya, seperti yang dijelaskan dalam hadits berikut ini,

Nabi Shallallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda : “Jika kamu mendengar wabah di suatu wilayah, maka janganlah kamu memasukinya. Tapi jika terjadi wabah di tempat kamu berada, maka jangan tinggalkan tempat itu.” Hadits ini sudah ada sejak belasan abad yang lalu, dan masih berlaku sampai sekarang hingga dijadikan metode karantina dalam penanganan wabah virus di suatu area.

Maka ketika dunia saat ini sedang dikagetkan dengan keberadaan suatu virus bernama COVID-19 alias Virus Corona, umat muslim tidak perlu panik. Ikuti hadits di atas : jangan datangi negara yang sedang ada wabah tersebut, dan jika kita berada di negara yang terkena wabah, maka jangan keluar dari negara tersebut. Dan jagalah kebersihan, wudhu lah lebih sering, makan hanya makanan dan minuman yang pasti halal.Tidak perlu berlebihan menyikapi wabah ini, apalagi sampai menimbun masker, sabun pencuci tangan, sembako, mie instant, dan lain-lain. Ini perbuatan yang merugikan orang lain dan Allah sudah pasti tidak menyukainya.

Yang terpenting, jangan lupa bahwa wabah itu pun adalah kehendak Allah. Virus pun termasuk makhluk hidup, maka jangan takut terhadap sesama makhluk hidup.

Tidak perlu takut dengan virus, takutlah kepada yang menciptakan virus (Allah) !

, , , , ,

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter